Sumpah Pemuda


Berbicara mengenai sumpah, sesuatu yang terlintas dalam pikiran kita adalah suatu pengucapan, ikrar yang diucapkan dan mengandung suatu kemurnian tersendiri.

Sumpah pemuda yang diikrarkan oleh pemuda Indonesia pada 28 Oktober 1928, berisikan tekad, niat, dan pengakuan para pemuda bahwa mereka mengaku bertumpah darah Indonesia, berbangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan.

Apabila kita perhatikan pada saat ini, di zaman yang penuh dengan sains dan teknologi peran pemuda sangatlah penting. Pendefenisian sumpah pemuda lebih berkembang dan lebih luas lagi. Pemuda harus bisa menjadi aset negara masa depan yang akan membangun negeri ini. Hancur, baik, buruk, maju, mundur, sejahtera, dan semua bentuk sisi kehidupan berbangsa dan bernegara ada dalam genggaman pemuda.

Namun dalam kenyataan, dapat kita saksikan, sebagian pemuda menunjukkan perilaku-perilaku yang menyimpang. Pemuda yang terlibat dalam narkoba, aksi kekerasan, pergaulan bebas dan tindakan-tindakan yang tidak mencerminkan tindakan pemuda yang berlandaskan moral dan agama.

Melalui moment “sumpah pemuda” tahun 2009 ini, mari kita pulihkan kembali semua yang telah menyimpang di negeri kita. Kita wujudkan tujuan kita melalui pemuda yang bermoral dan beragama.

Majulah Indonesia!!!

Komentar

Postingan Populer